TASYA ALFIONIKA BR SURBAKTI, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (403kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (598kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (776kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (354kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
TASYA ALFIONIKA BR SURBAKTI , NPM : 1915010129 “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 2 KELAS V SD NEGERI 040445 KABANJAHE T.A 2022/2023”. SKRIPSI PROGRAM STUDI FKIP UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI TAHUN 2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Scramble pada mata pelajaran IPA tema 6 subtema 2 SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040445 kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 30 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model scramble untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA Tema 6 subtema 2. Tes yang digunakan adalah soal essay yang berjumlah 5 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus 1 diperoleh data hasil pengamatan aktivitas guru 60% berkategori cukup, aktivitas siswa 68% berkategori cukup, ketuntasan klasikal 67%, dan nilai rata-rata 70 . sedangkan pada siklus II diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru 78,4% berkategori baik dan aktivitas siswa 82 % berkategori baik, dengan ketuntasan klasikal 87% , nilai rata-rata 87. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model scramble dapat meningkatkan aktivitas guru maupun aktivitas siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 6 subtema 2 kelas V SD Negeri 040445 kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Science, Scramble Model |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Tasya Alfionika Br Surbakti |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 03:04 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 03:04 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |