UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 MATERI SUMBER ENERGI KELAS III DI SD NEGERI 043951 SURBAKTI T.P 2022/2023

ELKANA ABETO SURBAKTI, ELKANA and .,, ., (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUBTEMA 1 MATERI SUMBER ENERGI KELAS III DI SD NEGERI 043951 SURBAKTI T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (321kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (328kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (798kB)
[img] Text
5. BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK ELKANA ABETO SURBAKTI, NPM : 1915010195 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Mata Pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 Materi Sumber Energi Kelas III di SD Negeri 043951 Surbakti T.P 2022/2023” Penelitian yang dilaksanakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA dengan materi Sumber Energi kelas III di SD 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2022/2023. Peneliti melihat langsung ke kelas tersebut dan di dapat hasil bahwa dalam mengajar cenderung hanya mentransfer ilmu pengetahuan dari guru ke siswa dan kurangnya model bervariasi oleh guru sehingga siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Jadi peneliti memiliki tujuan untuk melibatkan aktivitas seluruh siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku atau ras yang berbeda. Maka dari itu, digunakanlah model pembelajaran Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA degnan materi Sumber Energi di kelas III SD Negeri 043951 Surbakti Tahun 2022/2023. Lokasi penelitian ini adalah di SD Negeri 043951 Surbakti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 26 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana siklus tersebut dilakukan agar menciptakan sebuah refleksi atau perbaikan pada mata pelajaran IPA dengan materi Sumber Energi melalui metode Teams Games Tournament. teknik pemgumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 57, siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 15 siswa atau 58%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa atau 42%, dari 26 orang jumlah siswa. Karena jumlah siswa secara klasikal belum tuntas, maka dilanjutkan pada siklus selanjutnya. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 79, siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 23 siswa atau 88%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa atau 12%, dari 26 orang jumlah siswa. Dengan demikian dari hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan materi Sumber Energi di kelas III SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Teams Games Tournament

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Natural Science, Teams Games Tournament Learning Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: ELKANA ABETO SURBAKTI
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:47
Last Modified: 07 Jul 2023 03:47
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item