PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 046573 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

EBY ZANDIA BALQIS BR SEMBIRING, S.Pd (2023) PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 046573 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL EBY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (291kB)
[img] Text
ABSTRAK EBY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (76kB)
[img] Text
BAB I EBY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (183kB)
[img] Text
BAB II EBY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (398kB)
[img] Text
BAB III-V EBY.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (957kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Eby.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN EBY.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

EBY ZANDIA BALQIS, NPM: 1915010177, “ PENERAPAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 046573 BERASTAGI T. A 2022/2023”. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Inkuiri. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah: Adakah peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model Inkuiri pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 046573 Berastagi T.A 2022/2023. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Inkuiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 Maret- 6April 2023. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri 046573 Berastagi. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas V. Kemudian data dianalisis menggunakan siklus I dan II untuk melihat apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Model Inkuiri terhadap peningkatan hasil belajar siswa . Hal ini dapat diperoleh dengan menghitung hasil dengan skor Siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa = 64,4% sedangkan skor Siklus II diperoleh rata-rata siswa =81,3%. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 16,9%. Pada hasil ketuntasan siswa Klasikal pada Siklus I memeperoleh skor 60% sedangkan hasil ketuntasan siswa pada Siklus II memperoleh skor 93,3%. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 36,7%. Artinya hipotesis Tindakan ini memiliki efektivitas dalam menyediakan Model pembelajaran Inkuiri dalam Pembelajaran di kelas V SD Negeri 046573 Berastagi T.A 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inquiry Model, improving student learning outcomes. In science subjects, the material Properties in Objects.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: EBY ZANDIA BALQIS BR SEMBIRING
Date Deposited: 06 Jul 2023 16:24
Last Modified: 06 Jul 2023 16:24
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/942

Actions (login required)

View Item View Item