MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASITEMA 5 SUBTEMA 1 SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS IV SD NEGERI 040464 KANDIBATAT.P 2020/2021

Indah Permata Sari Br Ginting, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DEMONSTRASITEMA 5 SUBTEMA 1 SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS IV SD NEGERI 040464 KANDIBATAT.P 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (103kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (701kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (755kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

INDAH PERMATA SARI BR GINTING, NPM: 1715010090, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Demonstrasi Tema 5 Sub Tema 1 Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas IV SD Negeri 040464 Kandiabata T.P 2020/2021. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 5 sub tema 1 sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 040464 Kandibata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040464 Kandibata yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan model Demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 5 Sub Tema 1 Sifat-sifat Cahaya. Dari hasil penelitian diperoleh peningkatan hasil observasi aktivitas guru yaitu 78,9 % dan aktivitas siswa yaitu 86, masuk dalam kategori baik. Dari 25 orang siswa terdapat 22 orang siswa yang memperoleh tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar, dengan demikian secara klasikal terdapat 88 % yang tuntas belajar. Serta nilai rata-rata siswa meningkat yaitu 86,4. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dengan dua siklus, maka dapat dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Tema 5 Sub Tema 1 Sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 040464 Kandibata Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, Demonstration Model
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 310 General Statistic
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Indah Permata Sari Br Ginting
Date Deposited: 19 Jul 2021 02:19
Last Modified: 19 Jul 2021 02:19
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item