MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN METODE TANYA JAWAB PADA PELAJARAN IPS MATERI SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS IV DI SD NEGERI 043951 SURBAKTI T.P 2022/2023

FERY GUNANTA PELAWI, ., (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN METODE TANYA JAWAB PADA PELAJARAN IPS MATERI SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS IV DI SD NEGERI 043951 SURBAKTI T.P 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1.sampull.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (519kB)
[img] Text
2.abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (30kB)
[img] Text
3.bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
5.BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (445kB)
[img] Text
6. Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[img] Text
7. Lampiran.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK FERY GUNANTA PELAWI, NPM: 1915010197. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DAN METODE TANYA JAWAB PADA PELAJARAN IPS MATERI SUKU BANGSA DAN BUDAYA KELAS IV DI SD NEGERI 043951 SURBAKTI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi: Program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. Masalah yang diteliti adalah rendahnya hasil belajar IPS Materi Suku Bangsa dan Budaya di Kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti. Salah satu faktor penyebabnya adalah penggunaan media yang kurang maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043951 Surbakti, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 18 orang, sedangkan objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti Tahun Pelajaran 2022/2023. Prosedur penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Alat yang digunakan dalam mengumpulkan data pada penelitian ini adalah observasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II Hasil penelitian menunjukkan persentase siklus I ketuntasan secara Klasikal Sebesar 58,3% dan setelah dilaksanakan perbiakan pada siklus II, maka diperoleh nilai persentase 86,1% dengan peningkatan 48,2%. Sementara dalam pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru siklus I memperoleh nilai 60,3% dengan kategori cukup menjadi nilai 79,2% dengan kategori baik pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa siklus I memperoleh 68 dengan kategori cukup menjadi baik pada siklus II dengan nilai 84. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran menggunakan media gambar pada pelajaran IPS Materi Suku Bangsa dan Budaya di Kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti berkategori baik. Dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan media gambar pada pelajaran IPS Materi Suku Bangsa dan Budaya Kelas IV SD Negeri 043951 Surbakti. Kata Kunci : Hasil Belajar, Penggunaan Media Gambar. Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Use of Image Media, Classroom Action Research
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Fery Gunanta Pelawi
Date Deposited: 06 Jul 2023 14:35
Last Modified: 06 Jul 2023 14:35
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item