Sri Ulina Br Siringo-ringo, . (2021) HUBUNGAN KETERAMPILAN GURU MENGADAKAN VARIASI PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI No. 097375 TIGARAJA T.P 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (165kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (189kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (634kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (229kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Sri Ulina Br Siringo-ringo, NPM : 1715010110. “Hubungan Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Di SD Negeri No. 097375 Tigaraja Tahun Pelajaran 2020/2021”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Quality Berastagi. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah pendekatan kuantitatif. Pendekatan kuantitatif merupakan pendekatan yang sistematis terhadap suatu hubungan atau kejadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1)Bagaimana keterampilan guru mengadakan variasi pembelajaran di SD Negeri No. 097375 Tigaraja Pamatang Silimahutan, Kab. Simalungun, 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa di SD Negeri No. 097375 Tigaraja Pamatang Silimahutan, Kab. Simalungun, 3) Bagaimana hubungan keterampilan guru mengadakan variasi pembelajaran dengan hasil belajar siswa di SD Negeri No. 097375 Tigaraja Pamatang Silimahutan, Kab. Simalungun. Lokasi penelitian adalah SD Negeri No. 097375 Tigaraja Pamatang Silimahutan, Kab. Simalungun. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Terdapat dua varabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu : Keterampilan guru mengadakan variasi pembelajaran (X) dan hasil belajar siswa (Y). Pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji hipotesis korelasional dengan menggunakan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Keterampilan guru mengadakan variasi pembelajaran di SD Negeri No 097375 Tigaraja yaitu 86,5 (kategori sangat baik), 2) hasil belajar siswa di SD Negeri No 097375 Tigaraja yaitu 77,8 (kategori baik), 3) Keterampilan guru mengadakan variasi pembelajaran dengan hasil belajar siswa di SD Negeri No 097375 Tigaraja dengan nilai signfikan (0,629) > 0,05 dimana hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan keterampilan guru mengadakan variasi pembelajaran dengan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teachers' Skills in Implementing Learning Variations and Learning Outcomes |
Subjects: | 300 Social Science 300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations 300 Social Science > 303 Social Process 300 Social Science > 370 Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Sri Ulina Br Siringo-Ringo |
Date Deposited: | 03 Jul 2021 03:34 |
Last Modified: | 03 Jul 2021 03:34 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/91 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |