UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TEMA 4 SUBTEMA 2 POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN (DRILL) DI KELAS IV SD NEGERI 040445 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

WINA YASINTA, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TEMA 4 SUBTEMA 2 POKOK BAHASAN BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE LATIHAN (DRILL) DI KELAS IV SD NEGERI 040445 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (460kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (805kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (365kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (644kB)

Abstract

WINA YASINTA, NPM: 1915010067. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Tema 4 Subtema 2 Pokok Bahasan Bangun Datar Dengan Menggunakan Metode Latihan (DRILL) Di Kelas IV SD NEGERI 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023” Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian yang dilaksanakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Metode Latihan (DRILL) pada mata pelajaran MATEMATIKA. Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe pada mata pelajaran MATEMATIKA. Dengan menggunakan Metode Latihan (DRILL) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran MATEMATIKA di kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah 26 siswa kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe. Sebagai objek adalah menggunakan Metode Latihan (DRILL) pada mata pelajaran MATEMATIKA di kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus dengan waktu yang sama 2 x 35 menit. Berdasrkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60% atau berkategori cukup sedangkan hasil obsevasi aktivitas siswa memiliki nilai 68 atau berkategori cukup. Ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh 15 siswa tuntas hasil belajarnya dengan persentase 58% dan yang tidak tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 42%, maka diperoleh rata- rata pada siklus ini adalah 67,6 atau berkategori cukup atau belum memenuhi ketuntasan secara individu maupun klasikal. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 78,2% atau berkategori baik sedangkan hasil obsevasi siswa memiliki nilai 86 atau berkategori baik, ketuntasan klasikal pada siklus II diperoleh 23 siswa tuntas hasil belajarnya dengan persentase 88% dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan persentase 12%, maka diperoleh rata-rata 86,9 atau berkategori baik. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan Metode Latihan (DRILL) pada mata pelajaran MATEMATIKA dengan Materi Bangun Datar di kelas IV SD Negeri 040445 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 telah berkategori baik dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, Training Method (DRILL)
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: wina yansinta -
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:24
Last Modified: 06 Jul 2023 09:24
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/900

Actions (login required)

View Item View Item