MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 SUBTEMA 3 UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 048098 KUTAMBELIN TAHUN AJARAN 2022/2023.

NIA IGANTA BR GINTING, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 8 SUBTEMA 3 UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 048098 KUTAMBELIN TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
COVER NIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (115kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (118kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (489kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (690kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (64kB)
[img] Text
LAMPIRAN NIA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK NIA IGANTA BR GINTING, NPM 1915010182 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Solving Pada Mata Pelajaran IPA Tema 8 Subtema 3 Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SD Negeri 048098 Kutambelin Tahun Pelajaran 2022/2023” Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving ada Mata Pelajaran pokok bahasan Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SD Negeri 048098 kutambelin Tahun Pelajaran 2022/2023” Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 048098 kutambelin yang berjumlah 20 orang dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model problem Solving pada mata pembelajaran IPA pokok bahasan Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SD Negeri 048098 kutambelin Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60,3% atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 68 atau berkategori cukup, hasil brlajar individu dari 20 siswa yang tuntas 11 orang dan yang tidak tuntas 9 orang, secara klasikal 55% yang tuntas dan 45% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 68,25 berkategori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan tivitas guru 79,2% atau berkategori Baik, hasil observasi aktivitas siswa 84 atau berkategori baik, hasil belajar individu dari 20 siswa yang tuntas 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang, secara klasikal 85% yang tuntas dan 15% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata rata pada siklus ini adalah 78 berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving ada Mata Pelajaran pokok bahasan Upaya Pelestarian Lingkungan di Kelas V SD Negeri 048098 Kutambelin Tahun Pelajaran 2022/2023” Kata Kunci : IPA, Pendidikan Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Problem Solving

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Science, Classroom Action Education, Learning Outcomes, Problem Solving
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Depositing User: NIA IGANTA BR GINTING
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:21
Last Modified: 06 Jul 2023 09:21
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/897

Actions (login required)

View Item View Item