TAMARA NATASYA BR SEMBIRING, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUB TEMA 3 SD NEGERI 040482 GAJAH T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (683kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (393kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (302kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (413kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V .pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (725kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (296kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
TAMARA NATASYA BR SEMBIRING. NPM: 1915010079. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Quantum Teaching Pada Pembelajaran Teamtik Tema 6 Subtema 3 SD Negeri 040482 Gajah Tahun Ajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model quantum teachnig. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040482 Gajah, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang. Sedangkan objek penelitian adalah model quantum teaching terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Pengaruh kalor terhadap kehidupan kelas V SD Negeri 040482 Gajah tahun ajaran 2022/2023. Alat pengumpul data yang digunakan adalah rumus pelaksanakan pembelajaran, hasil belajar siswa secara individu, ketuntasan seacar klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan model quantum teaching pada Materi Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di Kelas V berjalan dengan baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 70 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 54% dari 24 orang siswa terdapat 13 orang yang memperoleh nilai ≥70 atau tuntas belajar dan 11 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78 dari 24 terdapat 21 siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan model quantum teaching dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaram dan hasil belajar IPA Materi Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan di kelas V SD Negeri 040482 Gajah Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Quantum Teaching Model, Science Subjects |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | TAMARA NATASYA BR SEMBIRING |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 15:05 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 15:05 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/896 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |