MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PELAJARAN IPAS MATERI BERKENALAN DENGAN BUMI KELAS V SD TAHFIZH QURAN KARIMAH TAHUN 2022/2023

RAVIRA SYAHRI, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PELAJARAN IPAS MATERI BERKENALAN DENGAN BUMI KELAS V SD TAHFIZH QURAN KARIMAH TAHUN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (512kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (425kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (630kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan wawancara dan informasi dari wali kelas SD Tahfizh Quran Karimah Berastagi, dalam mata pelajaran IPAS guru sering menggunakan metode ceramah yang menyebabkan siswa merasa bosan. Siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran dan menjawab soal yang diberikan oleh guru. Akibat dari kenyataan tersebut, hasil belajar siswa kelas V SD Tahfizh Quran Karimah Tahun ajaran 2022/2023 dalam pembelajaran IPAS tidak sesuai dengan standar ketuntasan belajar siswa. Hasil belajar yang diperoleh oleh siswa masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Oleh karena itu, untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Tahfizh Quran Karimah tahun ajaran 2022/2023 peneliti berupaya memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Snowball throwing. Snowball throwing adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang diawali dengan penyampaian materi kepada ketua kelompok, kemudian ketua kelompok akan menyampaikan materi kepada para anggota kelompoknya. Kemudian setiap siswa akan diberikan satu lembar kertas untuk menuliskan pertanyaan mengenai materi yang telah disampaikan oleh ketua kelompok. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar dalam proses pembelajaran siswa pada pelajaran IPAS materi berkenalan dengan bumi di kelas V SD Tahfizh Quran Karimah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023.Dengan demikian hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah sesuai dengan pernyataan bahwa “Hasil belajar siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball throwing pada mata pelajaran IPAS materi berkenalan dengan bumi kelas V SD Tahfizh Quran Karimah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Berdasarkan analisis dan pembahasan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas V SD Tahfizh Quran Karimah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing Pelajaran IPAS Materi Berkenalan dengan Bumi Kelas V SD Tahfizh Quran Karimah Tahun 2022/2023 sudah berkriteria baik sekali dengan nilai aktivitas guru 83,8% dan aktivitas siswa 92. 2. Ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing Pelajaran IPAS Materi Berkenalan dengan Bumi Kelas V SD Tahfizh Quran Karimah Tahun 2022/2023 sudah tuntas secara klasikal yaitu sebesar 90,48%. 3. Hasil belajar dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball throwing Pelajaran IPAS Materi Berkenalan dengan Bumi Kelas V SD Tahfizh Quran Karimah Tahun 2022/2023 sudah meningkat sebesar 15,87%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IPAS,Learning Outcomes,Snowball throwing
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: RAVIRA SYAHRI -
Date Deposited: 06 Jul 2023 12:33
Last Modified: 06 Jul 2023 12:33
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/892

Actions (login required)

View Item View Item