Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023

KARIADI BARUS, S.Pd (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Subtema 1 Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (762kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (417kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (413kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (396kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KARIADI BARUS, NPM : 1915010198 "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 MATERI BAGIAN-BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023". SKRIPSI PROGRAM STUDI PGSD FKIP UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040444 Kabanjahe, dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 18 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Objek penelitian ini penggunaan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil pelaksanaan pembelajaran, diperoleh aktivitas guru meningkat, dengan nilai 60% di siklus I menjadi 81% di Siklus II. Aktivitas Siswa meningkat, dengan nilai 64 di siklus I menjadi 87 di Siklus II. Ketuntasan individual telah mencapai keriteria ketuntasan minimum yaitu 70, ketuntasan klasikal meningkat dari nilai 61% di siklus I menjadi 89% di Siklus II dengan peningkatan 34,7%. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Talking Stick, IPA, Penelitian tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Learning Model, Science, Classroom Research
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: KARIADI - BARUS
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:38
Last Modified: 06 Jul 2023 09:38
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/884

Actions (login required)

View Item View Item