ANALISIS RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE T.A 2020/2021

HELEN BR SITEPU, . (2021) ANALISIS RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE T.A 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (306kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB)
[img] Text
5. BAB III - BAB BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (456kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK HELEN BR SITEPU. NPM : 1715010082 “Analisis Rendahnya Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 040452 KABANJAHE T.A 2020/2021”. Skripsi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa, Untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian berjumlah 25 orang siswa. Tekanik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar dan wawancara dengan guru kelas. Hasil dari penelitian ini adalah (1) gambaran motivasi belajar siwa pada mata pelajaran IPA adalah rendah. (2) penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah: Siswa selalu dibayangi oleh pikiran bahwa siswa tidak sanggup untuk mempelajari IPA. Dalam mengerjakan tugas siswa hanya sekedar mengerjakan saja tanpa memperdulikan benar salahnya tugas yang diberikan.Siswa dalam proses pembelajaran kebanyakan diam mendengarkan guru, tanpa mau bertanya kepada guru apabila ada penjelasan guru yang tidak dipahami. Siswa terlau acuh dalam membuat standar keberhasilan belajarnya. Hal ini menyebabkan siswa malas untuk belajar IPA. Usaha guru masih kurang maksimal dalam membuat materi IPA menjadi penting bagi siswa. Metode pembelajaran yang sering digunakan oleh guru masih didominasi oleh metode ceramah dan kurang bervariasi. (3) Usaha-Usaha yang dilakukan Guru untuk meningkatkan Motivasi belajar siswa adalah: memperjelas tujuan yang ingin dicapai. membangkitkan motivasi belajar siswa. menggunakan metode variasi metode penyajian yang menarik. menciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar. memberikan pujian yang wajar setiap keberhasilan siswa. memberikan penilaian terhadap hasil kerja siswa. memberikan komentar terhadap hasil pekerjaan siswa. menciptakan persaingan dan kerjasama antara sesama siswa Kata kunci : rendahnya motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LOW MOTIVATION TO LEARN
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Helen . Br Sitepu
Date Deposited: 03 Jul 2021 03:30
Last Modified: 03 Jul 2021 03:30
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item