UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL MIND MAPING PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SUMBER ENERGI TEMATIK TEMA 2 SUB TEMA 1 KELAS IV TAHUN AJARAN 2022/2023

LOVIKA SARI BR GINTING, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL MIND MAPING PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SUMBER ENERGI TEMATIK TEMA 2 SUB TEMA 1 KELAS IV TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (392kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (599kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (542kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

LOVIKA SARI BR GINTING ,NPM: 1915010146“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Mengunakan Model Mind Mapping Pada Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Sumber Energi Tematik Tema 2 Sub Tema 1 Kelas IV Tahun Ajaran 2022/2023 ”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV hal ini disebabkan pelaksanaan pemebalajaran masih berpusat pada guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran mind mapping . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 046574 Sada perarih . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Obejek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasl belajar siswa menggunakan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran IPA sumber energi. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarakan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktifitas guru dan siswa sudah berkategori baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 86,6% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 74. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individual maupun secara klasikal sebesar 88%dan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 67,69 dan pada siklus II sebesar 74,23% dengan peningkatan sebesar 9,66 %. Dengan demikian pelaksanan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada materi sumber energi di kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, mind mapping
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: lovika sari Ginting
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:26
Last Modified: 06 Jul 2023 04:26
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item