IRA ENJELINA BR PURBA, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUB TEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 040523 SUKANALU T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
Text
cover Ira Enjelina Br Purba.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (735kB) |
|
Text
ABSTRAK_Ira_Enjelina_Br_Purba.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (96kB) |
|
Text
BAB_I_Ira_Enjelina_Br_Purba.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (130kB) |
|
Text
BAB_II_Ira_Enjelina_Br_Purba.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (620kB) |
|
Text
BAB III-V Ira Enjelina Br Purba.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (773kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Ira Enjelina Br Purba.. 2.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (97kB) |
|
Text
lampiran ira.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
IRA ENJELINA BR PURBA, NPM : 1915010087 “ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 040523 SUKANALU TAHUN AJARAN 2022/2023”. SKRIPSI PROGRAM STUDI FKIP UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI TAHUN 2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas ( PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model make a match pada mata pelajaran IPA tema 3 subtema 1 SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040523 sukanalu Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 24 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model Make a Macth untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA Tema 3 subtema 1. Tes yang digunakan adalah soal pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus 1 diperoleh data hasil pengamatan aktivitas guru 59,3% berkategori cukup, aktivitas siswa 60% berkategori cukup, ketuntasan klasikal 71%, dan nilai rata-rata 69 . sedangkan pada siklus II diperoleh hasil pengamatan aktivitas guru 80,3% berkategori baik dan aktivitas siswa 80 % berkategori baik, dengan ketuntasan klasikal 87% , nilai rata-rata 87. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Make a Match dapat meningkatkan aktivitas guru maupun aktivitas siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tema 3 subtema 1 kelas IV SD Negeri 040523 Sukanalu Tahun Ajaran 2022/2023. Kata kunci : Hasil belajar, IPA, Model Make Match
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Science, Model Make Match |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Depositing User: | IRA ENJELINA BR PURBA |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 04:41 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 04:41 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/832 |
Actions (login required)
View Item |