MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 7 SUB TEMA 2 INDAHNYAKERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN AJARAN 2021/2022

MISA BR BUKIT, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 7 SUB TEMA 2 INDAHNYAKERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (468kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (915kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (798kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (202kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (749kB)

Abstract

MISA BR BUKIT. NPM : 1815010049. “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 7 SUB TEMA 2 INDAHNYAKERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU KELAS IV SD NEGERI 040538 SAMPUN TAHUN AJARAN 2021/2022” Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2021/2022. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Indahnya keragaman budaya negeriku model pembelajaran Talking Stick dalam mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 040538 Sampun Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi guru memperoleh nilai 59,3% dan hasil observasi siswa 68. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 10 orang dari 23 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus I 57% siswa yang tuntas dan 43% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,5%. Karena siklus I pelaksanaan pembelajaran masih berkategori cukup dan hasil belajar belum tuntas secara klasikal. Maka dilaksanakan perbaikan ke siklus II. Hasil penelitian pada siklus II untuk observasi guru memperoleh nilai 77,5% dan hasil observasi siswa 82. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu pada siklus I terdapat siswa yang tuntas belajar sebanyak 20 siswa dan siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 3 orang dari 23 siswa. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal siklus II 87% siswa yang tuntas dan 13% siswa yang tidak tuntas. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II 83. hasil belajar siswa sudah meningkat dan tuntas secara klasikal, oleh karena itu tidak perlu melakukan tindakan pada siklus selanjutnya. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan indahnya keragaman budaya negeriku di Kelas IV SD Negeri 040538 Sampun Tahun Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: MISA BR BUKIT
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:01
Last Modified: 06 Jul 2023 03:01
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item