Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Sub Tema 2 Pokok Bahasan Keberagaman Mahluk Hidup Di Lingkunganku Kelas IV SD Negeri 043934 Simpang Singa Kabanjahe T.A 2022/2023

Sukma Khristiani Br Ginting, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Sub Tema 2 Pokok Bahasan Keberagaman Mahluk Hidup Di Lingkunganku Kelas IV SD Negeri 043934 Simpang Singa Kabanjahe T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (291kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (687kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Sukma Khristiani Br Ginting, NPM 1915010060 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Tema 3 Sub Tema 2 Pokok Bahasan Keberagaman Mahluk Hidup Di Lingkunganku Kelas IV SD Negeri 043934 Simpang Singa Kabanjahe T.A 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA tema 3 subtema 2 pokok bahasan keberagaman mahluk hidup dilingkunganku di kelas IV SD Negeri 043934 Simpang Singa Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 043934 Simpang Singa Kabanjahe yang berjumlah 25 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 043934 Simpang Singa Kabanjahe. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk essay sebanyak 5 soal tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60% atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 68 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 25 siswa yang tuntas 15 orang dan yang tidak tuntas 10 orang, secara klasikal 60% yang tuntas dan 40% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 65,5 atau berkategori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 82,8% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 90, hasil belajar individu dari 25 siswa yang tuntas 23 orang dan yang tidak tuntas 2 orang, secara klasikal 92% yang tuntas dan 8% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 88,9 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran IPA tema 3 subtema 2 pokok bahasan keberagaman mahluk hidup dilingkunganku di kelas IV SD Negeri 043934 Simpang Singa Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementation of Learning, Learning Outcomes, Jigsaw Type Cooperative Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: SUKMA CHRISTIANI BR GINTING
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:46
Last Modified: 06 Jul 2023 02:46
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/815

Actions (login required)

View Item View Item