RESALOISTA BR TARIGAN, ., (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajara 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
COVER RESALOISTA BR TARIGAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK RESALOISTA BR TARIGAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB I RESALOISTA BR TARIGAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (291kB) |
![]() |
Text
BAB II RESALOISTA BR TARIGAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (618kB) |
![]() |
Text
BAB III-V RESALOISTA BR TARIGAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA RESALOISTA BR TARIGAN (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (176kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN RESALOISTA BRTARIGAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK RESALOISTA BR TARIGAN, NPM: 1915010107, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajara 2022/2023”. Latar Belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan persentase siswa yang tidak tuntas yaitu 57%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040467 Lingga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah penggunaan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together di Kelas V SD Negeri 04046 Lingga Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data siklus I, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai 60,9% (cukup) dan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 68% (cukup). Siswa yang tuntas individu sebanayak 22 siswa dan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 68,75% dan nilai rata-rata siklus I yaitu 74,37. Sedangkan pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai 82,7% (Baik sekali) sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 86% (Baik sekali). Siswa yang tuntas individu sebanyak 28 orang dan siswa yang belum tuntas sebanyak 4 orang, dari 32 siswa di SD Negeri 040467 Lingga ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal adalah 87,5% dan nilai rata-rata siklus II yaitu 86,87%.Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara individu dan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together hasil pembelajaran siswa dapat meningkat pada mata pelajaran IPA materi “Sifat-sifat benda dan perubahannya” di kelas V SD Negeri 040467 Lingga Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Cooperative Learning, NHT.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning, Learning Outcomes, Cooperative Learning Model, NHT |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | RESALOISTA BR TARIGAN |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 08:56 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 08:56 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/812 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |