MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 3 MATERI MASALAH SOSIAL DI SEKITAR KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LAURA DESTYNIYA BR SEMBIRING MILALA, ., (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 3 MATERI MASALAH SOSIAL DI SEKITAR KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
COVER LAURA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK LAURA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (376kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (593kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK LAURA DESTYNIYA BR SEMBIRING MILALA, NPM. 1915010150: "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 6 SUBTEMA 3 MATERI MASALAH SOSIAL DI SEKITAR KELAS V SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema 6 sub tema 3 dengan menggunakan Model Pembelajaran JIGSAW di kelas V SD Negeri 040444 Kabanjahe pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi “Masalah Sosial di Sekitar”. Lokasi dalam penelitian ini adalah SD Negeri 040444 Kabanjahe, Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 38 siswa sebagai subjek. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yaitu Siklus 1 dan Siklus II. Alat pengumpul data pada mata pelajaran IPS tema 6 sub tema 3 materi Masalah Sosial di Sekitar yaitu observasi lembar aktivitas siswa, observasi lembar aktivitas garu dan tes tertulis. Penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran guru dari siklus I (60%) ke siklus II (84%), serta pelaksanaan pembelajaran siswa dari siklus I (68) ke siklus II (88%).Peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam ketuntasan individu, pada siklus I 18 siswa menjadi 34 siswa pada siklus II, sementara siswa yang tidak tuntas berkurang dari 20 siswa menjadi 4 siswa. Hasil ketuntasan secara klasikal juga meningkat, dengan persentase siswa yang tuntas dari 48% pada siklus I menjadi 89% pada siklus II, Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (62) meningkat pada siklus II menjadi (82).Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara individu dan secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Masalah Sosial di Sekitar Kelas V SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif Tipe Jigsaw, Penelitian Tindakan Kelas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Type Cooperative Model, Classroom Action Research.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: LAURA DESTYNIYA BR SEMBIRING MILALA
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:37
Last Modified: 05 Jul 2023 07:37
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item