MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB TEMA 1 MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RIAN JOSUA LIMBONG, ., (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB TEMA 1 MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1.SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (92kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (42kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
5.BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (913kB)
[img] Text
6.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (157kB)
[img] Text
7.LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

RIAN JOSUA LIMBONG, NPM: 1915010257, “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB TEMA 1 MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA, tema 6 sub tema 1, dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture di kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe, pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi "Daur Hidup Hewan". Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 31 siswa sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture yang melibatkan kegiatan mengamati gambar, membangun pemahaman, dan menyusun gambar dengan urutan yang acak menjadi urutan gambar yang logis. Data penelitian diperoleh melalui observasi aktivitas siswa, observasi aktivitas guru, dan tes tulis. Hasil dalam penelitian ini terdapat peningkatan yang signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran guru dari siklus I (59,3%) ke siklus II (9%) serta pelaksanaan pembelajaran siswa dari siklus I (68) ke siklus II (84). Terjadi peningkatan jumlah siswa yang mencapai ketuntasan individu, dari 19 siswa pada siklus I menjadi 29 siswa pada siklus II, sedangkan siswa yang tidak tuntas berkurang dari 12 siswa menjadi 2 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I (70,3) ke siklus II (80,3). Selain itu, terjadi peningkatan signifikan dalam ketuntasan secara klasikal, dengan persentase siswa yang tuntas meningkat dari 61% pada siklus I menjadi 94% pada siklus II, sedangkan siswa yang tidak tuntas berkurang menjadi 6% dari sebelumnya 39% pada siklus I. Selain itu, terjadi peningkatan partisipasi dan interaksi aktif siswa dalam pembelajaran, serta peningkatan motivasi dan kepercayaan diri siswa. Dalam kesimpulannya, model pembelajaran Picture and Picture efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, tema 6 sub tema 1: "Daur Hidup Hewan" di kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya penerapan model pembelajaran yang interaktif dan partisipatif seperti Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, model pembelajaran, Picture and Picture, penelitian tindakan kelas, IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LEARNING OUTCOMES USING THE PICTURE AND PICTURE INSTRUCTIONAL MODEL
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: RIAN JOSUA LIMBONG
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:53
Last Modified: 05 Jul 2023 07:53
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item