Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model STAD Pada Pelajaran IPS Tema 4 Sub Tema 2 Materi Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023.

INDAH MURNIATI BR SIREGAR, ., (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model STAD Pada Pelajaran IPS Tema 4 Sub Tema 2 Materi Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1.SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (91kB)
[img] Text
3.BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)
[img] Text
4.BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (870kB)
[img] Text
5.BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (849kB)
[img] Text
6.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (101kB)
[img] Text
7.LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

INDAH MURNIATI BR SIREGAR, NPM: 1915010080, “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL STAD PADA MATA PELAJARAN IPS TEMA 4 SUB TEMA 2 MATERI PEKERJAAN DI SEKITARKU KELAS IV SD NEGERI 040444 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema 4 sub tema 2 dengan menggunakan model STAD (Student Teams Achievement Division) di kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe pada tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap permasalahan rendahnya hasil belajar siswa pada materi "Pekerjaan di Sekitarku". Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 31 siswa sebagai subjek. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran STAD yang melibatkan pembentukan tim, pembelajaran kooperatif, dan evaluasi individu dan tim. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah observasi lembar aktivitas siswa, observasi lembar aktivitas guru dan tes tertulis. Penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran guru dari siklus I (60,3%) ke siklus II (78,4%), serta pelaksanaan pembelajaran siswa dari siklus I (64) ke siklus II (82%).Peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam ketuntasan individu, dari semula 20 siswa pada siklus I menjadi 27 siswa pada siklus II, sementara siswa yang tidak tuntas berkurang dari 11 siswa menjadi 4 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (68,3) meningkat pada siklus II (82). Hasil ketuntasan secara klasikal juga meningkat, dengan persentase siswa yang tuntas meningkat dari 65% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II, sementara siswa yang tidak tuntas berkurang menjadi 13%. Selain itu, terjadi peningkatan partisipasi dan interaksi aktif siswa dalam pembelajaran, serta peningkatan motivasi dan kepercayaan diri siswa. Dalam kesimpulannya, model pembelajaran STAD efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema 4 sub tema 2 "Pekerjaan di Sekitarku" di kelas IV SD Negeri 040444 Kabanjahe. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan model pembelajaran kooperatif seperti STAD dalam memfasilitasi pembelajaran yang aktif, partisipatif, dan meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Student Teams Achievement Division, penelitian tindakan kelas, mata pelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students' learning outcomes, Student Teams Achievement Division, classroom action research, Social Sciences subject.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: INDAH MURNIATI BR SIREGAR
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:24
Last Modified: 05 Jul 2023 07:24
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item