MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISA DENGAN MENGGNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 040461 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

YANA BR SEMBIRING, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISA DENGAN MENGGNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLE NON EXAMPLE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 040461 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Quality Berastagi.

[img] Text
File Sampul)).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (547kB)
[img] Text
(ABSTRAK).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB)
[img] Text
(BAB I).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (428kB)
[img] Text
(Bab II).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (801kB)
[img] Text
(Bab III-V).pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
(DAFTAR PUSTAKA).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

YANA BR SEMBIRING, NPM:1915010084 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Di SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Example Non Example pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan jumlah 24 siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 53% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 60 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara iniviual adalah 16 siswa tuntas, sedangkan ketuntasan secara klasikal belajar diperoleh 67% siswa tuntas dan nilai rata-rata 68,33. Penelitian siklus II diperoleh pada aktivitas guru 82% dengan kategori baik sekali dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh nilai 78 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara inividu 12 siswa yang tuntas dan 3 siswa yang tidak tuntas dari 24 siswa, sedangkan ketuntasan secara klasikal 87,5% dan nilai rata- rata siswa 81,66. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaa pembelajaran dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Example Non Example Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Sudah berkategori baik dan hasil belajar meningkat. Kata Kunci: Hasil belajar, Example Non Example, IPS, peningkatan, ketuntasan belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Example Non Example, social stuies, improvement learning completeness.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: YANA BR SEMBIRING
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:08
Last Modified: 05 Jul 2023 07:08
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/789

Actions (login required)

View Item View Item