MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA TEMA 5 DI KELAS V SD NEGERI 040461 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Artina Br Bukit, S.Pd (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY PADA TEMA 5 DI KELAS V SD NEGERI 040461 BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (457kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III- BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (239kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

ARTINA BR BUKIT. NPM: 1915010048. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 Di Kelas V Sd Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay Pada Tema 5 di Kelas V SD. Masalah penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPA siswa yang belum maksimal secara klasikal ≥ 85%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 Di Kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023, dengan jumlah 20 siswa. Objek penelitian ini adalah Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 Di Kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individual adalah 14 siswa tuntas, sedangkan ketuntasan secara klasikal diperoleh 70% siswa tuntas dan nilai rata-rata 69. Penelitian Siklus II diperoleh hasil pada aktivitas guru 79,8% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh nilai 84 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 18 orang yang tuntas dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dari 20 orang siswa, sedangkan ketuntasan secara klasikal 90% dan nilai rata-rata 85. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Pada Tema 5 di Kelas V SD Negeri 040461 Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah berkategori baik dan hasil belajar meningkat. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Learning Model Course Review Horay Type
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: ARTINA BR BUKIT
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:53
Last Modified: 05 Jul 2023 02:53
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item