Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Mengamalkan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Di Kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023

GINTA BR SEMBIRING, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Mengamalkan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Di Kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (197kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (567kB)

Abstract

GINTA BR SEMBIRING, NPM 1915010142 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Mind Mapping Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Mengamalkan Nilai-Nilai Sumpah Pemuda Di Kelas III SD Negeri 040538 Sampun Tahun Pelajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tujuan penelitian ini adalah menjadi pelaksanaan pembelajaran, ketuntasan hasil belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model mind mapping pada mata pelajaran PKN tema 3 subtema 4 pokok bahasan mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda di kelas III SD Negeri 040538 Desa Sampun Tahun Ajaran 2022/2023 Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 040538 Desa Sampun yang berjumlah 20 orang dan penggunaan model mind mapping pada mata pelajaran PKn tema 3 subtema 4 pokok bahasan mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan hasil perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada siklus II, diperoleh pelaksanaan aktivitas guru sebesar 81.5% yang berkriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 88 yang berkriteria baik. Dimana hasil ketuntasan belajar yang diperoleh siswa dari 20 siswa yang tuntas belajar adalah 17 (85%) siswa dan dari 20 siswa yang tidak tuntas belajar 3 (15%) siswa, sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal. Dengan demikian, pelaksanaan pembelajaran menggunakan model mind mapping pada mata pelajaran PKN tema 3 subtema 4 pokok bahasan mengamalkan nilai-nilai sumpah pemuda di kelas III SD Negeri 040538 Desa Sampun Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcomes, Mind Mapping Models
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: GINTA BR SEMBIRING
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:21
Last Modified: 05 Jul 2023 03:21
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/766

Actions (login required)

View Item View Item