Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran Bupena IPA Tema 5 Subtema 3 Sifat Cahaya dan Periskop Di Kelas lV SD Negeri 043934 Simpang Singa Tahun Ajaran 2022/2023

TESALONIKA SINURAYA, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran Bupena IPA Tema 5 Subtema 3 Sifat Cahaya dan Periskop Di Kelas lV SD Negeri 043934 Simpang Singa Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (515kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (332kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (122kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

TESALONIKA SINURAYA, NPM : 1915010119 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran Bupena IPA Tema 5 Subtema 3 Sifat Cahaya dan Periskop Di Kelas lV SD Negeri 043934 Simpang Singa Tahun Ajaran 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model make a match dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 043934 Simpang Singa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model make a match pada mata pelajaran IPA tema 5 subtema 3 sifat cahaya dan periskop. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 83% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 90. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal sebesar 88% dan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,8 dan pada siklus II sebesar 82 dengan peningkatan sebesar 19%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran bupena IPA tema 5 subtema 3 Sifat Cahaya dan Periskop Di Kelas lV SD Negeri 043934 Simpang Singa Tahun Ajaran 2022/2023 dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Make a Match Model, Ipa
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: TESALONIKA BR SINURAYA
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:57
Last Modified: 05 Jul 2023 02:57
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/765

Actions (login required)

View Item View Item