Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education Di Kelas V SD Negeri 048072 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023

ROSMELIN BR SEMBIRING, - (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education Di Kelas V SD Negeri 048072 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (732kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (259kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (802kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (127kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

NAMA : ROSMELIN BR SEMBIRING, 1915010066, Judul : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Menggunakan Model Realistic Mathematics Education di Kelas V SD Negeri 048072 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 Penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rata-rata nilai siswa, ketuntasan belajar siswa, dan perbedaan kemampuan siswa yang signifikan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dalam Kehidupan Sehari-hari di kelas V SD Negeri 048072 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 048072 Kabanjahe. Hal ini didasari atas pertimbangan bahwa siswa masih kesulitan pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dalam Kehidupan Sehari-hari. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 048072 Kabanjahe yang berjumlah 43 orang dan sebagai objek adalah perbaikan pembelajaran materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dalam Kehidupan Sehari-hari yang dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Instrumen yang digunakan adalah Tes Essai dan Lembar Observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pembelajaran pada Siklus I aktivitas guru 68,4% berkriteria Baik, aktivitas siswa 66, berkriteria Cukup, ketuntasan klasikal yakni 67,5 % dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,5. Sedangkan hasil pembelajaran pada siklus II aktivitas guru 80,7% berkriteria Baik, aktivitas siswa 88 berkriteria Baik, ketuntasan klasikal 88,4 % dan dapat dikatan siswa telah tuntas klasikal dan rata-rata nilai individu 80 dan sudah mencapai KKM sekolah yakni 70. Berdasarkan analisis penelitian diproleh rata-rata nilai siswa meningkat, ketuntasan belajar siswa, tuntas secara individu dan klasikal, serta ada perbedaan kemampuan siswa yang signifikan setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran dengan menggunkan model pembelajaran Realistic Mathematics Education. Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Classroom Action Research, Learning Outcome, Learning Model, Realistic Mathematics Education Learning Model (RME).
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: ROSMELIN BR SEMBIRING
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:35
Last Modified: 05 Jul 2023 03:35
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/761

Actions (login required)

View Item View Item