HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 044826 SAMURA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PUTRI MILA SINTIA SEMBIRING, . (2021) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD NEGERI 044826 SAMURA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (48kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (99kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
5. BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (49kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Putri Mila Sintia Sembiring : 1715010112 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Tahun Pelajaran 2020/2021”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kemandirian belajar siswa yang masih kurang sehingga hasil belajar rendah .Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa , gambaran hasil belajar IPA dan ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV SD Negeri 044826 Samura Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 044826 Samura . Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian adalah kemandirian belajar siswa dan hasil belajar IPA . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai data pendukung. Instrument penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, dan teknik analisis data terdiri dari uji hipotesis dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa termasuk dalam katagori sangat baik dengan perolehan skor rata-rata 86,5 .Hasil belajar IPA termasuk dalam katagori baik dengan perolehan skor rata-rata 79,1. Hasil uji hipotesis diperoleh dan nilai t hitung 3,548 lebih besar t tabel dari 2,056. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Negeri 044826 Samura secara secara signifikan. Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa Dan Hasil Belajar .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Independence And Learning Outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Putri Mila Sintia Br Sembiring
Date Deposited: 14 Jul 2021 08:54
Last Modified: 14 Jul 2021 08:54
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/76

Actions (login required)

View Item View Item