Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023

EGIDIA PUTRI BULUH DURI BR SEMBIRING, ,. (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL EGIDIA PBD SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK EGIDIA PBDS SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (643kB)
[img] Text
3. BAB I EGIDIA PBD SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB II EGIDIA PBD SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (544kB)
[img] Text
5. BAB III - V EGIDIA PBD SEMBIRING.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (766kB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA EGIDIA PBD SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (232kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN EGIDIA PBD SEMBIRING.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

EGIDIA PUTRI BULUH DURI BR SEMBIRING, NPM: 1915010051: “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Latar belakang dilakukan penelitian ini karena adanya kesulitan yang dialami siswa kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dibuktikan dengan presentase belajar siswa dikelas sebesar 43% siswa yang tuntas. Penyebabnya adalah penggunaan model pembelajaran yang jarang digunakan sehingga rendahnya hasil belajar siswa, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran dikerenakan proses belajar masih berpusat pada guru, sikap belajar siswa membosankan, dan guru jarang menggunakan media saat pembelajaran. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran, bagaimana ketuntasan hasil belajar siswa dan apakah hasil belajar siswa meningkat. Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian suharsimi arikunto yang terdiri dari 4 tahap yaitu; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi dengan jumlah 21 siswa, terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, lembar observasi guru dan siswa, tes pilihan berganda sebanyak 5 soal dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Hasil kegiatan aktivitas guru mencapai presentase 87,3% (baik sekali). Hasil kegiatan aktifitas siswa mencapai 92 (sangat baik). Hasil ketuntasan individu dan klasikal sebanyak 19 siswa dengan presentase 90,4% yang tuntas belajarnya. Hasil rata-rata belajar siswa mencapai nilai 90. Presentase peningkatan hasil belajar siswa siklus I dan siklus II mencapai presentase 16,8%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning bahwa pelaksanaan pembelajaran berkreteria baik sekali, hasil belajar tuntas secara klasikal dan meningkat pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Swasta Al-Washliyah Berastagi Tahun Pelajaran 2022/2023”. Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran, Model Contextual Teaching And Learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Contextual Teaching and Learning Models
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: EGIDIA PUTRI BULUH DURI BR SEMBIRING
Date Deposited: 04 Jul 2023 08:21
Last Modified: 04 Jul 2023 08:21
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/744

Actions (login required)

View Item View Item