MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL ROLE PLAYING PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR KEBANGSAAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

GITA SANIA BR GINTING SUKA, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODEL ROLE PLAYING PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR KEBANGSAAN KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (102kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (237kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (629kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (450kB)

Abstract

Gita Sania Br Ginting Suka. NPM: 1915010152 “Meningkatkan Hasil Belajar dengan Model Role Playing pada Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pada Siswa Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan Universitas Quality Berastagi. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe. Rumusan masalah yang diajukan yaitu bagaimana pelaksanaan pembelajaran menggunakan model Role Playing pada Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023, bagaimana ketuntasan hasil belajar menggunakan model Role Playing pada Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan pada siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023, apakah dengan menggunakan model Role Playing pada Tema 7 Subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan menggunakan dua siklus dengan menggunakan desain penelitian Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ialah siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe yang berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan model Role Playing ditunjukkan dengan perencanaan di siklus II yang mengalami perbaikan dan meningkat berdasarkan hasil refleksi dari siklus sebelumnya. Pencapaian hasil belajar siswa dengan observasi aktivitas guru pada siklus I 60,5% (cukup) dan pada siklus II 80,2% (baik), observasi aktivitas siswa pada siklus I 66 (cukup) dan siklus II 82 (baik). Ketuntasan secara individu pada siklus I sebanyak 10 orang tuntas dan tidak tuntas sebanyak 5 orang sedangkan pada siklus II yang tuntas sebanyak 14 orang tidak tuntas sebanyak 1 orang. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 66,6% yang tuntas dan tidak tuntas sebesar 33,4% sedangkan pada siklus II tuntas sebesar 93,3% dan tidak tuntas sebesar 6,7%. Nilai rata-rata pada siklus I sebesar 68% dan siklus II sebesar 87%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe pada tema 7 subtema 2 Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan. Kata Kunci : Model Role Playing, peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, national events surrounding the proclamation of independence.
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: GITA SANIA BR GINTING SUKA
Date Deposited: 03 Jul 2023 08:27
Last Modified: 03 Jul 2023 08:27
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item