ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD MASEHI NO.4 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2020/2021

Nia Melyanca Pinem, . (2021) ANALISIS PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SD MASEHI NO.4 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (185kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (198kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (471kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (100kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Nia Melyanca pinem, NPM: 1715010018 “Analisis Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V SD Masehi No. 4 Kabanjahe T.A 2020/2021” Program Studi PGSD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Masehi No.4 Kabanjahe T.A 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dengan mengambil populasi seluruh peserta didik kelas V SD Masehi No.4 Kabanjahe Dengan Sampel 20 Siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Sebelum penelitian, angket di uji coba terlebih dahulu, setelah di uji maka diketahui dari 25 pertanyaan yang valid sebanyak 16 pertanyaan dan yang tidak valid sebanyak 9 pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Masehi No. 4 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Masehi No. 4 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan analisis data diperoleh gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajara Matematika kelas V SD Masehi No.4 Kabanjahe T.A 2020/2021 berdasarkan analisis adalah rendah, karena dari 16 peryataan angket 7 peryataan menyatakan bahwa siswa memiliki motivasi belajar yang rendah. Sendangkan penyebab rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SD Masehi No.4 Kabanjahe Tahun Ajaran 2020/2021 adalah dari faktor biologis yaitu siswa memiliki kekurangan secara fisik, faktor guru yaitu guru kurang perhatian terhadap siswa dan faktor orang tua yaitu tidak memperhatikan belajar anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Motivation, Mathematics
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
500 Natural Science and Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Nia Meliyanca Br Pinem
Date Deposited: 03 Jul 2021 03:09
Last Modified: 03 Jul 2021 03:09
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item