Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Direct Instruction Pada Mata Pelajaran IPA Sub Tema 2 Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023

MALEM KRINA BR PERANGIN-ANGIN, . (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Direct Instruction Pada Mata Pelajaran IPA Sub Tema 2 Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (402kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (757kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (346kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

MALEM KRINA BR PERANGIN-ANGIN, NPM : 1915010069 “ Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Direct Instruction Pada Mata Pelajaran IPA Sub Tema 2 Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 ’’ Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Direct Instruction pada Mata Pelajaran IPA Sub Tema 2 Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe. Penelitan ini bertujuan : Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Direct Instruction pada mata pelajaran IPA Sub Tema 2 yaitu Pokok Bahasan Rantai Makanan Tahun 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah Model Direct Instruction pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Rantai Makanan di SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa mengerjakan soal tes sebanyak 10 butir sedangkan untuk memperoleh hasil pengamatan keaktifan pembelajaran menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil pembelajaran siklus I diperolah hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 66% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 67 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individual yaitu 9 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 60% dan nilai rata-rata sebesar 64. Hasil belajar siswa siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 92% dengan kategori sangat baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh 81 dengan kategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa secara individu yaitu 13 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal adalah 87% dan nilai rata-rata sebesar 75. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Direct Instruction pada mata pelajaran IPA Sub Tema 2 pokok bahasan Rantai Makanan di Kelas V SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes and Direct Instruction Models
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: MALEM KRINA BR PERANGIN-ANGIN
Date Deposited: 01 Jul 2023 04:39
Last Modified: 01 Jul 2023 04:39
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/681

Actions (login required)

View Item View Item