MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY KELAS IV SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN AJARAN 2022/2023

Wida Astuti Br Sembiring, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 3 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY KELAS IV SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (390kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (771kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Wida Astuti Br Sembiring . 2022.” Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema 3 Subtema 1 Dengan Menggunakan Metode Inquiry Kelas IV SD N 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Metode Inquiry Pada Tema 3 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran siswa, ketuntasan hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Inquiry Pada Tema 3 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. Objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 13 siswa 5 laki-laki dan 8 perempuan. Pengumpul data yang digunakan adalah siswa mengerjakan soal tes sebanyak 10 butir soal dan untuk memperoleh hasil pengamatan keaktifan pembelajaran peneliti mengunakan lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan Metode Inquiry pada Siklus I hasil observasi guru adalah 57,8% dan hasil observasi aktivitas siswa adalah 60 dengan kategori cukup. Untuk ketuntasan hasil belajar Siklus I, diperoleh 8 orang siswa yang tuntas dengan persentase 61,5 % dan 5 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 38,5% dengan nilai rata-rata adalah 64,6. Sedangkan pada Siklus II, hasil observasi guru adalah 80% dan hasil observasi siswa adalah 86 dengan kategori baik. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa diperoleh 11 orang siswa yang tuntas dengan persentasi 85% dan 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 15% dengan hasil nilai rata-rata Siklus II sebesar 83,8. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar menggunakan metode inquiry pada Tema 3 Subtema 1 bagian – bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Metode Inquiry, Pembelajaran, Siswa
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: WIDA ASTUTI BR SEMBIRING
Date Deposited: 01 Jul 2023 05:20
Last Modified: 01 Jul 2023 05:20
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/680

Actions (login required)

View Item View Item