MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB- TEMA 1 DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ria April Liana Purba, . (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 6 SUB- TEMA 1 DAUR HIDUP HEWAN DI KELAS IV SD NEGERI 044824 RUMAH KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (80kB)
[img] Text
BAB I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (169kB)
[img] Text
BAB II .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (287kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (831kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

RIA APRIL LIANA PURBA, NPM: 1715010045, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Picrure and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 Daur Hidup Hewan Di Kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Model Picture and Picture pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model picture and picture pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 044824 Rumah kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe dan objek penelitian ini adalah perbaikan pembelajaran dengan menggunaka Model Picture and Picture pada pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021. Alat pengumpul data pada mata pelajaran IPA tema 6 subtema 1 daur hidup hewan diambil dengan menggunakan tes tertulis dan observasi yaitu observasi aktivitas guru dan observasi aktivitas aktivitas siswa. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 60% dengan kriteria cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68,6 dengan kriteria cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 16 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diproleh 76,2% dan nilai rata-rata sebesar 78,1. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 80% dengan kriteria baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh 85,7 dengan kriteriai baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 19 siswa, sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal diperoleh 90,5% dan rata-rata sebesar 89,5. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Picture and Picture pada mata pelajaran IPA Tema 6 Subtema 1 Daur Hidup Hewan di Kelas IV SD Negeri 044824 Rumah Kabanjahe Tahun Pelajaran 2020/2021 berkriteria baik, hasil belajar siswa tuntas secara klasikal dan hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: picture and picture model, learning, results
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Ria Apriliana Br Purba
Date Deposited: 26 Jun 2021 03:40
Last Modified: 26 Jun 2021 03:40
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/67

Actions (login required)

View Item View Item