NATALIA WIDAYANTI, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT ACTIVE LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PERUBAHAN MAKHLUK HIDUP DI KELAS III SD NEGERI 046574 SADA PERARIH TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (290kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (425kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (493kB) |
![]() |
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (205kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK NATALIA WIDAYANTI ,NPM: 1915010145 “ Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative Tipe Student Active Learning Pada Pembelajaran IPA Materi Perubahan Makhluk Hidup Di Kelas III SD Negeri 046574 Sadaperarih Tahun Pelajaran 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas(PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas III hal ini disebabkan pelaksanaan pemebalajaran masih berpusat pada guru.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran student active learning dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran student active learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 046574 SadaPerarih. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 oeang. Obejek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasl belajar siswa menggunakan model pembelajaran student active learning pada mata pelajaran IPA materi perubahan makhluk hidup. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarakan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktifitas guru dan siswa sudah berkategori baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 81% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individual maupun secara klasikal sebesar 87%dan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66 dan pada siklus II sebesar 85 dengan peningkatan sebesar 29%. Dengan demikian pelaksanan menggunakan model pembelajaran student active learning pada materi perubahan makhluk hidup di kelas III dapat meningktakan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes, Student Active Learning Learning Model |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | Natalia Widayanti - |
Date Deposited: | 30 Jun 2023 08:34 |
Last Modified: | 30 Jun 2023 08:34 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |