MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 2 SUBTEMA 2 POKOK BAHASAN MENGHEMAT ENERGI KELAS IV DI SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

HALOHO, I (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 2 SUBTEMA 2 POKOK BAHASAN MENGHEMAT ENERGI KELAS IV DI SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL (WATERMARK) B IMEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK (WATERMARK) IMEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (342kB)
[img] Text
BAB I (WATERMARK) IMEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (391kB)
[img] Text
BAB II (WATERMARK) IMEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB)
[img] Text
BAB III-V (WATERMARK) IMEL.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (WATERMARK) IMEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (255kB)
[img] Text
LAMPIRAN (WATERMARK) IMEL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK IMELDA MAYORA LAS LEGA HATI BR HALOHO, NPM : 1915010176 FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI: “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN IPA TEMA 2 SUBTEMA 2 POKOK BAHASAN MENGHEMAT ENERGI KELAS IV DI SD NEGERI 040454 PECEREN TAHUN PELAJARAN 2022/2023”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA Tema 2 Subtema 2 Pokok Bahasan Menghemat Energi Kelas IV di SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2022/2023 berjumlah 25 orang siswa. Objek penelitian ini adalah penggunaan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA tema 2 subtema 2 pokok bahasan menghemat energi kelas IV Di SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2022/2023. Berdasarkan penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru 60,5% dengan kategori cukup dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 64 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar secara individu yaitu 15 siswa tuntas dan 10 siswa tidak tuntas, sedangkan ketuntasan klasikal belajar diperoleh 60% siswa tuntas dan nilai rata-rata 68. Penelitian siklus II diperoleh pada aktivitas guru diperoleh 80,8% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa memperoleh nilai 86 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu 22 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas dari 25 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal 88% dan nilai rata-rata 84,8. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA Tema 2 Subtema 2 Pokok Bahasan Menghemat Energi Kelas IV di SD Negeri 040454 Peceren Tahun Pelajaran 2022/2023 sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa sudah meningkat. Kata Kunci : Pembelajaran, IPA, Hasil Belajar, Model TGT ABSTRACT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Science, Learning Outcomes, TGT Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: IMELDA MAYORA LAS LEGA HATI BR HALOHO
Date Deposited: 30 Jun 2023 08:39
Last Modified: 30 Jun 2023 08:39
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item