SRI REHULINA GINTING, . (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS III SD NEGERI 040478 SIGARANG-GARANG T.A 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (375kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (227kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (708kB) |
![]() |
Text
BAB III - BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (926kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (236kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK SRI REHULINA GINTING, NPM: 19150010096 “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JIGSAW PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS III SD NEGERI 040478 SIGARANG-GARANG T.A 2022/2023”. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040478 Sigarang-garang, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model jigsaw pada pokok bahasan bangun datar kelas III SD Negeri 040478 Sigarang-garang Tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 040478 Sigarang-garang Tahun pelajaran 2022/2023. Jumlah subjek penelitian sebanyak 38 siswa yang berasal dari kelas III pada tahun ajaran 2022/2023, dimana dilakukaan saat pelajaran matematika berlangsung, yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw.. Berdasarkan hasil pelaksanaan Pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60% dengan kategori cukup, sehingga hasil belajar individu dari 38 siswa dengan yang tuntas 15 orang dan yang tidak tuntas 23 orang, sedangkan secara kalsikal dengan 60% yang tuntas 40% yang tidak tuntas, maka diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 60,53 dengan kategori cukup sehingga dikatakan belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II diproleh hasil observasi aktivitas guru 79% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 86 dengan kategori baik,sehingga hasil belajar individu 34 orang yang tuntas dan yang tidak tuntas 4 orang sedangkan secara klasikal dengan 89,47 yang tuntas dan 10,53 yang tidak tuntas, maka diperoleh nilai rata-rata pada siklus II adalah 83,15 dengan kategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan model jigsaw pada pelajaran matematika dengan pokok bahasan bangun datar di kelas III SD Negeri Sigarang grang Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | jigsaw Model, flat building material.class action research |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | SRI REHULINA GINTING |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:48 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:48 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |