INTI MAKNA SARI BR GINTING, . (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL KONSTRUKTIVISME PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI LUAS DAN VOLUME SISWA KELAS V SD NEGERI 040469 DESA SURBAKTI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (332kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (575kB) |
![]() |
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (894kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (304kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
Abstract
INTI MAKNA SARI BR GINTING, NPM : 1915010075 “Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Menggunakan Model Konstruktivisme Pada Pembelajaran Matematika Materi Luas dan Volume Siswa Kelas V SD Negeri 040469 Desa Surbakti Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model konstruktivisme, mengetahui cara pengaplikasian model konstruktivisme pada mata pelajaran matematika dan mengetahui apakah hasil belajar siswa tuntas setelah menggunakan model pembelajaran konstruktivisme siswa kelas V SD Negeri 040469 Desa Surbakti tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040469 Desa Surbakti. Yang menjadi objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konstruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan luas permukaan dan volume khususnya kubus dan balok di kelas V SD Negeri 040469 Desa Surbakti tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk memperbaiki pelaksanaan dan meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika pokok bahasan luas permukaan dan volume khususnya kubus dan balok. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I, diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60% dengan kategori cukup dan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 66 dengan kategori cukup, sehingga hasil belajar individu dari 24 siswa dengan yang tuntas 13 orang dan yang tidak tuntas 11 orang, sedangkan secara klasikal dengan 54% yang tuntas dan 46% yang tidak tuntas, maka diperoleh nilai rata-rata pada siklus I adalah 65,8 dengan kategori cukup sehingga dikatakan belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil observasi aktivitas guru 78% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh 86 dengan kategori baik, sehingga hasil belajar individu dari 24 siswa dengan yang tuntas 22 orang dan yang tidak tuntas 2 orang, sedangkan secara klasikal dengan 92% yang tuntas dan 8% yang tidak tuntas, maka diperoleh nilai rata-rata pada siklus II adalah 85,8 dengan kategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan model konstruktivisme pada mata pelajaran matematika dengan dengan pokok bahasan luas permukaan dan volume khususnya kubus dan balok di kelas V SD Negeri 040469 Desa Surbakti Tahun Pelajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar, Model Konstruktivisme |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | INTI MAKANA SARI BR GINTING |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:04 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:04 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |