MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELI- PATAN DAN FAKTOR BILANGAN KELAS IV SD NEGERI 048072 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Junita Zebua, . (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELI- PATAN DAN FAKTOR BILANGAN KELAS IV SD NEGERI 048072 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (388kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (329kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (598kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (908kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR BILANGAN KELAS IV SD NEGERI 048072 KABANJAHE 2022/2023,SKRIPSI, JURUSAN PGSD,PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR, 2023. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 048072 Kabanjahe, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Mind Mapping sebagai sarana utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model mind mapping pada materi kelipatan dan faktor bilangan di kelas IV 048072 Kabanjahe. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 048072 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2022/2023. jumlah subjek penelitian sebanyak 24 orang siswa yang berasal dari kelas IV pada tahun pelajaran 2022/2023, dimana dilakukan saat pelajaran matematika berlangsung, untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menguraikan presentase yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan model Mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 048072 Kabanjahe. Dari hasil temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hasil tes awal siswa masih memiliki tingkat ketuntasan belajar ≥85%. Pada siklus I yaitu 11 siswa (46 %) dinyatakan tidak tuntas belajarnya dan memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah ≥85% dan sebanyak 13 siswa (54%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata 65,8. Sehingga baik secara individu maupun klasikal kemampuan awal siswa masih tergolong belum tuntas belajar, dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi kelipatan dan faktor bilangan berdasakan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Pada siklus II sebanyak 24 siswa terdapat 21 siswa (88%) yanf telah tuntas belajar dengan nilai rata-rata 85,8 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi kelipatan dan faktor bilangan telah mencapai ketuntasan dalam belajar. Kata kunci : Model Mind Mapping, Kelipatan dan Faktor Bilangan, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Mind Mapping, Kelipatan dan Faktor Bilangan, Hasil belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: JUNITA - ZEBUA
Date Deposited: 01 Jul 2023 04:48
Last Modified: 01 Jul 2023 04:48
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/644

Actions (login required)

View Item View Item