MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN IPA SUB TEMA 1 PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN CIRINYA DI KELASV SD ELIMKAIROS SMART BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Sardiwan Sihombing, Sardiwan (2023) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA MATA PELAJARAN IPA SUB TEMA 1 PERUBAHAN WUJUD BENDA DAN CIRINYA DI KELASV SD ELIMKAIROS SMART BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38kB)
[img] Text
ABSTRAK SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (269kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (313kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (787kB)
[img] Text
BAB III-V SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (273kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Jenis Penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode tutor sebaya tema 1 perubahan wujud benda. Penelitian ini bertujuan untuk pelaksanaan pembelajaran,ketuntasan belajar, serta peningkatan hasil belajar siswa melalui metode tutor sebaya tema 1 perubahan wujud bendadi kelas V SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran 2021/2022.Penelitian ini dilaksanakan di SD Elim Kairos Smart Berastagi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Elim Kairos Smart Berastagi yang berjumlah 20 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode tutor sebaya tema 1 perubahan wujud bendadi kelas V SD Elim Kairos Smart Berastagi Tahun Pelajaran2021/2022. Pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru, aktivitas siswa dan tes pilihan berganda sebanyak 10 soal. Teknik analisasi data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa, dan hasil belajar yang terdiri dari ketuntasan belajara individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil akhir dari penelitian ini di peroleh deskripsi kegiatan observasi guru dan siswa berkriteria baik karena deskripsi kegiatan guru mencapai 79.2 %, sedangkan deskripsi kegiatan observasi siswa mencapai 80 serta yang tuntas secara individu 17, secara klasiskal 85% dan rata-rata 84,5. Dengan demikian hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode tutor sebaya dapat, meningkatkan hasil belajar siswa tema 1 perubahan wujud benda di kelas V SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil belajar, Metode Tutor Sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, Peer Tutor Method.
Subjects: 300 Social Science > 306 Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: SARDIWAN - SIHOMBING
Date Deposited: 25 Apr 2023 08:48
Last Modified: 25 Apr 2023 08:48
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/630

Actions (login required)

View Item View Item