MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040527 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2021/2022

GABRIEL PRIMA SITEPU, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 040527 TIGAPANAH TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (521kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (791kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (97kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

GABRIEL PRIMA SITEPU, NPM : 1815010028 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Picture and Picture Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 040527 Tigapanah Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV hal ini disebabkan pelaksanaan pembelajaran masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Picture And Picture. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040527 Tigapanah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan daur hidup hewan. Tes yang digunakan adalah pilihan berganda yang berjumlah 10 soal dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran diperoleh hasil observasi aktivitas guru dan siswa sudah berkategorikan baik, dimana nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 81% dan nilai pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 84. Hasil belajar siswa sudah tuntas baik secara individu maupun secara klasikal sebesar 87% dan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 66 dan pada siklus II sebesar 85 dengan peningkatan sebesar 29%. Dengan demikian pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Picture And Picture pada pokok bahasan daur hidup hewan di kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Picture And Picture Learning Model
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Gabriel Prima Sitepu
Date Deposited: 10 Sep 2022 04:05
Last Modified: 10 Sep 2022 04:05
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/589

Actions (login required)

View Item View Item