HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD BERTINGKAT BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Andropit Sembiring Pelawi, . (2021) HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD BERTINGKAT BERASTAGI TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (177kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Andropit Sembiring Pelawi. NPM: 1715010069. “Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Bertingkat Berastagi Tahun Pelajaran 2020/2021”. P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Bertingkat Berastagi, gambaran hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bertingkat Berastagi, dan pengaruh signifikan minat belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Bertingkat Berastagi Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Bertingkat Berastagi sebanyak 30 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total sehingga sampel pada penelitian berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui gambaran minat belajar menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan untuk data hasil belajar dilihat dari nilai ulangan harian mata pelajaran IPS semester ganjil. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran minat belajar kelas IV SD Negeri Bertingkat Berastagi dalam kategori baik dengan total nilai angket 1361 dengan rata-rata 85.06. Gambaran hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bertingkat Berastagi dalam kategori baik dengan total nilai keseluruhan 2500 dan rata-rata akhirnya 83.33. Ada pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bertingkat Berastagi tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai t hitung 3.483 lebih besar dari nilai t tabel 2.080 dan nilai signifikansinya sebesar 0.651.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Interests, Student’ Outcomes Learning
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Andropit - Sembiring
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:35
Last Modified: 22 Jun 2021 04:35
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/55

Actions (login required)

View Item View Item