HUBUNGAN VARIASI MENGAJAR DENGAN MOTIVASIBELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040530 BUNURAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nurhayati Br Barus, . (2021) HUBUNGAN VARIASI MENGAJAR DENGAN MOTIVASIBELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 040530 BUNURAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (772kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (401kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (402kB)
[img] Text
5. BAB III-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (280kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Nurhayati Br Barus, NPM : 1715010046 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Hubungan Variasi Mengajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 040530 Bunuraya Tahun Pelajaran 2020/2021” Permasalahan dalam penelitian ini adalah variasi gaya mengajar yang masih belum maksimal sehingga motivasi belajar siswa masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran variasi gaya mengajar , gambaran motivasi belajar siswa dan ada tidaknya pengaruh yang signifikan variasi gaya mengajar mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 040530 Bunuraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040530 Bunuraya Kec.Tigapanah Kab.Karo. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 22 orang. Objek penelitian adalah variasi gaya mengajar dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai data pendukung. Instrument penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, dan teknik analisis data terdiri dari uji hipotesis dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi gaya mengajar termasuk dalam kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 77,2. Motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi dengan perolehan skor rata-rata 76,8. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai t hitung 5,301 ˃ nilai t tabel 2,093. Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X (Variasi Gaya Mengajar) dengan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) kelas IV SD Negeri 040530 Bunuraya Tahun Pelajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Variation of Teaching Style and Student Motivation
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 303 Social Process
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Nurhayati Br Barus
Date Deposited: 22 Jun 2021 04:34
Last Modified: 22 Jun 2021 04:34
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/54

Actions (login required)

View Item View Item