Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Experimen pada Mata Pelajaran IPA Materi Konduktor dan Isolator Panas di Kelas V SD Negeri 040472Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022

Debi Marcelina Br Tarigan, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Experimen pada Mata Pelajaran IPA Materi Konduktor dan Isolator Panas di Kelas V SD Negeri 040472Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (305kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (492kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (306kB)

Abstract

ABSTRAK Debi Marcelina Br Tarigan, NPM 1915010208, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Experimen pada Mata Pelajaran IPA Materi Konduktor dan Isolator Panas di Kelas V SD Negeri 040472Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022”, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Quality Berastagi 2022. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa khusunya mata pelajaran IPA di SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan MetodeExperimen Pada Mata Pelajaran IPA Materi Konduktor dan Isolator Panas di SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022.Penelitian ini menggunakan desain Tindakan Penelitian Kelas dengan dua siklus, yang terdiri atas 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 27 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dalam materi Konduktor dan Isolator Panas dengan menggunakan MetodeExperimen.Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah lembar observasi untuk guru, lembar observasi untuk siswa dan tes. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran, dimana hasil pelaksanaan untuk aktivitas guru meningkat menjadi 77% ( KriteriaBaik), hasil aktivitas siswa 82 (Baik). Dan hasil belajar siswa yang tuntas 23 siswa (85%) dari 27 siswa dan yang tidak tuntas 4 siswa (15%) dari 27 siswa, dan mencapai nilai rata-rata 88. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metodeExperimen pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hal tersebut, sebaiknya metodeExperimen digunakan guru sebagai alternative guru dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, maupun pada mata pelajaran lainnya. Kata Kunci : Mata Pelajaran, Metode Experimen, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Mata Pelajaran, Metode Experimen, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Debi Marcelina Br Tarigan
Date Deposited: 03 Sep 2022 04:58
Last Modified: 03 Sep 2022 04:58
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item