MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MEMODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD SWASTA MASEHI NO. 3 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Pandia, .Idolanta Bremana (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MEMODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD SWASTA MASEHI NO. 3 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
1. SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (662kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
3. BAB 1.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (296kB)
[img] Text
4. BAB 2.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (513kB)
[img] Text
5. BAB 3 - BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
6. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (176kB)
[img] Text
7. LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

IDOLANTA BREMANA S.PANDIA. NPM. 1815030010.MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MODIFIKASI ALAT PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD SWASTA MASEHI NO. 3 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2021/2022. SKRIPSI, PROGRAM STUDI PENDIDIKAN OLAHRAGA, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang efektifnya pembelajaran penjasorkes materi lempar cakram karena terbatasnya fasilitas di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan efektivitas belajar lempar cakram siswa kelas V SD Swasta Masehi No. 3 Kabanjahe dengan media piring plastik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas belajar lempar cakram siswa kelas V SD Swasta Masehi No. 3 Kabanjahe dengan modifikasi media piring plastik mengalami peningkatan, yaitu dari hasil pra siklus tersebut, 5 siswa atau 38,46% tuntas belajar dan 8 siswa atau 61,53% belum tuntas belajar. Hasil tes siklus I diperoleh 5 siswa atau 38,46% tuntas belajar dan 8 siswa atau 61,53% belum tuntas belajar. Sehingga berdasarkan rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 20% pada siklus I. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 10 siswa atau 76,92% tuntas belajar dan 3 siswa atau 23,07% belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 10,25% pada siklus II dari siklus I. Persentase keberhasilan di siklus II sudah mencapai 75% sehingga penelitian ini dihentikan dan dikatakan cukup berhasil. Kata Kunci: efektivitas belajar, media belajar, lempar cakram

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: learning effectiveness, learning media, discus throwing
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Olahraga
Depositing User: IDOLANTA BREMANA S. PANDIA
Date Deposited: 17 Nov 2022 02:27
Last Modified: 17 Nov 2022 02:27
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item