MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 040482 GAJAH T.A 2021/2022,

GRESELLY SINUHAJI, . (2022) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 040482 GAJAH T.A 2021/2022,. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL (4).pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (909kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (173kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (403kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (863kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (98kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

GRESELLY SINUHAJI, NPM : 1815010080, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR POKOK BAHASAN EKOSISTEM DI KELAS V SD NEGERI 040482 GAJAH T.A 2021/2022, PRODI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Pembelajaran, ketuntasan hasil belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Lokasi penelitian ini SD Negeri 040482 Gajah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040482 Gajah yang berjumlah 22 siswa. Dan objeknya adalah Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Media Gambar pada Pokok Bahasan Ekosistem Tema 5 Subtema 1 di Kelas V SD Negeri 040482 Gajah T.A 2021/2022. Jenis penelitian yang dilaksanakan ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan instrument yang digunakan adalah lembar observasi dan tes pilihan berganda, penelitian ini melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil pembelajaran aktivitas guru meningkat dari siklus I sebesar 60% menjadi 78,4% di siklus II. Hasil pelaksanaan aktivitas siswa yang meningkat dari 68 menjadi 82, maka dapat dinyatakan hasil pelaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa berkategori baik. Ketuntasan individu menjadi KKM yaitu 70, ketuntasan klasikal meningkat dari 72.7% menjadi 86%, dan rata-rata meningkat dari 69.54 menjadi 76,81 Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Menggunakan Media Gambar pada Pokok Bahasan Ekosistem Tema 5 Subtema 1 di Kelas V SD Negeri 040482 Gajah T.A 2021/2022 pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dan tuntas secara klasikal. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Media Gambar, IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar, Media Gambar, IPA
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Greselly - Sinuhaji
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:03
Last Modified: 10 Aug 2022 03:03
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/463

Actions (login required)

View Item View Item