Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Tema 3 Lingkungan Sub Tema 2 Lingkungan Alam Dan Buatan Di SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022

Yohanna Tita Clara Br S Brahmana, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Tema 3 Lingkungan Sub Tema 2 Lingkungan Alam Dan Buatan Di SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
Sampul.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (617kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (108kB)
[img] Text
Bab I .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (175kB)
[img] Text
BAB III - V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (823kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (142kB)
[img] Text
Lampiran .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Yohanna Tita Clara Br S Brahmana. NPM: 181501072. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Tema 3 Lingkungan Sub Tema 2 Lingkungan Alam Dan Buatan Di SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) untuk mengetahui hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas III Yang berjumlah 27 orang. Sedangkan objek penelitian adalah Media Gambar terhadap peningkaytan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Lingkungan Alam dan Buatan kelas III SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal dan rata-rata belajar siswa. Berdasarkan analisis data, pelaksanaan pembelajaran dengan Media Gambar pada materi Lingkungan Alam dan Buatan di Kelas III berjalan dengan baik. Pada Siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 66,2 dan tingkat penguasaan siswa secara klasikal 59,3 dari 27 orang siswa terdapat 16 orang siswa yang memperoleh ≥ 70 atau tuntas belajar dan 11 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Setelah perbaikan pembelajaran pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,5 dari 27 orang siswa terdapat 24 orang siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 atau tuntas belajar dan 3 orang siswa yang tidak tuntas. Berdasarkan temuan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa menggunakan Media Gambar dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar pada mata pelajaran IPS Tema 3 Lingkungan Sub Tema 2 Lingkungan Alam dan Buatan di Kelas III SD Negeri 040446 Kabanjahe Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Picture Media, Social Science Subjects
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Yohanna Tita Clara Br S. Brahmana
Date Deposited: 08 Aug 2022 07:24
Last Modified: 08 Aug 2022 07:24
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/455

Actions (login required)

View Item View Item