RANI RODEARTA SARAGIH, , (2022) upaya meningkatkan hasilbelajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajarann IPA kelas IV SD Negeri 040472 Beganding Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
1. SAMPUL (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (579kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (237kB) |
![]() |
Text
3. BAB I (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (194kB) |
![]() |
Text
4. BAB II (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (477kB) |
![]() |
Text
5. BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (890kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (180kB) |
![]() |
Text
lampiran (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (770kB) |
Abstract
RANI RODEARTA SARAGIH, NPM : 2015010051 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 040472 Beganding Tahun Ajaran 2021/2022”. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Indra Manusia dan Fungsinya Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 040472 Beganding Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan Media Gambar pada mata pelajaran IPA Pokok Bahasan Indra Manusia dan Fungsinya di IV SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi tes. Berdasarkan hasil pembelajaran Siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 58,9% dengan kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa mendapat nilai 68 dengan kategori cukup, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 12 siswa, sedangakan ketuntasan belajar secara klasikal diproleh 60% dan nilai rata – rata sebesar 64,5. Hasil belajar Siklus II dengan perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru diperoleh 79,9% dengan kategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa diperoleh 84 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu yaitu 18 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal adalah 90% dan nilai rata – rata sebesar 83,58. Bedasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Indra Manusia dan Fungsinya di kelas IV SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Pembelajaran, Hasil Belajar dan Media Gambar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Learning, Learning Outcomes and Picture Media |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | RANI RODEARTA SARAGIH |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 06:47 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 06:47 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/451 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |