PENGARUH KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 044826 SAMURA T.P 2020/2021

WINDAMEATI, . (2021) PENGARUH KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 044826 SAMURA T.P 2020/2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
BAB III - BAB V .pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (105kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

WINDAMEATI. NPM: 1715010078. “Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 044826 Samura T.P 2020/2021”. Sarjana Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Quality Berastagi. P enelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengajar guru kelas IV SDN 044826 Samura, gambaran hasil belajar siswa kelas IV SDN 044826 Samura, dan pengaruh signifikan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 044826 Samura T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 044826 Samura sebanyak 29 orang dan teknik pengambilan sampel menggunakan sampel total sehingga sampel pada penelitian berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui gambaran kemampuan mengajar guru menggunakan angket atau kuesioner. Sedangkan untuk data hasil belajar diambil dari rata-rata daftar kumpulan nilai (DKN) semester ganjil. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kemampuan mengajar guru kelas IV SDN 044826 Samura dalam kategori sangat baik dengan total nilai angket 1.315 dengan rata-rata 87,66. Gambaran hasil belajar siswa kelas IV SDN 044826 Samura dalam kategori baik dengan total nilai keseluruhan 2.455 dan rata-rata akhirnya 84,65. Ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 044826 Samura tahun pelajaran 2020/2021 dengan nilai t hitung 3,140 lebih besar dari nilai t tabel 2,056 dan nilai signifikansinya sebesar 0,615.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The ability to teach teachers, student learning outcomes
Subjects: 300 Social Science
300 Social Science > 370 Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: Widameati . .
Date Deposited: 11 Jun 2021 08:07
Last Modified: 11 Jun 2021 08:07
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/45

Actions (login required)

View Item View Item