UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE BERMAIN DENGAN BOLA KARET DAN VARIASI LATIHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2021/2022

PUTRA SITEPU, . (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI METODE BERMAIN DENGAN BOLA KARET DAN VARIASI LATIHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 040452 KABANJAHE TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERISTAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (825kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (210kB)
[img] Text
BAB III - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (774kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

PUTRA SITEPU, NPM. 1815030003 “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Metode Bermain Dengan Bola Karet Dan Variasi Latihan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022” Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk Mengetahui Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Metode Bermain Dengan Bola Karet Dan Variasi Latihan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahe yang berjumlah 29 siswa sebagai objek penelitiannya adalah upaya meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui metode bermain dengan bola karet dan variasi latihan. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrument yang digunakan berupa tes fortofolio dan lembar observasi. Dari hasil penelitian siklus I diperoleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru dengan kategori cukup dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa berkategori cukup, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajaranya yaitu 17 siswa dari 29 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 12 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 58,62% rata-rata adalah 62,4% Berdasarkan tes siklus II dengan perbaikan diproleh hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas guru telah berkategori baik dan hasil pelaksanaan pembelajaran pada aktivitas siswa telah berkategori baik, dari ketuntasan individu siswa yang tuntas belajaranya yaitu 26 siswa dari 29 siswa dan siswa yang tidak tuntas dalam belajar yaitu 3 siswa, sedangkan ketuntasan klasikal setelah perbaikan pada siklus II 89,65% telah tuntas secara klasikal dan rata rata 80,69%. Dari siklus I dan siklus II diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dalam pokok bahasan materi passing atas bola voli. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan selama berlangusungnya siklus I dan siklus II berjalan dengan baik. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa hasil belajar siswa meningkat, ketuntasan belajar siswa meningkat dan tuntas secara klasikal sehingga dapat di simpulkan bahwa hasil belajar passing atas bola voli melalui metode bermain dengsm biks keret dan variasi latihan pada siswa kelas V SD Negeri 040452 Kabanjahr telah mencaopai ketumtasan klasikal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Learning Outcomes, and Passing Over Volleyball
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi Pendidikan Olahraga
Depositing User: Putra - Sitepu
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:53
Last Modified: 10 Aug 2022 02:53
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/448

Actions (login required)

View Item View Item