Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022

NOVI RAMAYANTI, . (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (242kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (371kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (652kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (221kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

NOVI RAMAYANTI, NPM: 1815010099 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Penggunaan Media Gambar Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas III SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Yang bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Uang di kelas III SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 040472 Beganding yang berjumlah 30 siswa dan objek penelitian ini melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Uang di kelas III SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan tes bentuk pilihan berganda. Berdasarkan hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I diperoleh hasil observasi aktivitas guru 60 % atau berkategori cukup, hasil observasi aktivitas siswa 60 atau berkategori cukup, hasil belajar individu dari 30 siswa yang tuntas 19 orang dan yang tidak tuntas 11 orang, secara klasikal 63,33% yang tuntas dan 36,67% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 64,66 atau berkategori cukup atau belum memenuhi KKM. Sementara pada siklus II, diperoleh hasil pelaksanaan aktivitas guru 80% atau berkategori baik, hasil pelaksanaan aktivitas siswa 80, hasil belajar individu dari 30 siswa yang tuntas 26 orang dan yang tidak tuntas 4 orang, secara klasikal 86,67% yang tuntas dan 13,33% yang tidak tuntas, maka diperoleh rata-rata pada siklus ini adalah 80,66 atau berkategori baik sehingga hasil belajar tuntas secara klasikal dan telah memenuhi KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar meningkat dengan menggunakan media gambar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan Uang di kelas III SD Negeri 040472 Beganding Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Gambar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Media Gambar
Subjects: 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD
Depositing User: NOVI RAMAYANTI -
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:30
Last Modified: 08 Aug 2022 04:30
URI: http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item