Shinta Eriska Br Tarigan, . (2022) Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Josua Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI.
![]() |
Text
SAMPUL .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (734kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (80kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (168kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (514kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (74kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Shinta Eriska Br Tarigan : 1815010014 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Quality Berastagi: “Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Josua Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022”. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Kemandirian belajar siswa yang masih kurang sehingga hasil belajar rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemandirian belajar siswa, gambaran hasil belajar IPA dan ada hubungan yang signifikan antara kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa IPA kelas IV SD Josua Kabanjahe Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan di SD Josua Kabanjahe. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian adalah kemandirian belajar siswa dan hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai data pendukung. Instrument penelitian terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, dan teknik analisis data terdiri dari uji hipotesis dan uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemandirian belajar siswa termasuk dalam katagori sangat baik dengan perolehan 86,5. Hasil belajar IPA termasuk dalam katagori baik dengan perolehan 79,1. Hasil uji hipotesis diperoleh dan nilai t hitung 3,548 lebih besar t tabel dari 2,056. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat Hubungan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD Josua Kabanjahe secara secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Learning Independence and Learning Outcomes |
Subjects: | 300 Social Science > 370 Education > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities > 371.3 Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Program Studi PGSD |
Depositing User: | SHINTA ERISKA BR TARIGAN |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 04:21 |
Last Modified: | 08 Aug 2022 04:21 |
URI: | http://portaluqb.ac.id:808/id/eprint/442 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |